Pagarbatu Salah Satu Penghasil Rumput Laut Terbesar Di Indonesia

by - Agustus 08, 2017


Desa Pagarbatu secara geografis terletak di selatan Pualau Madura dan berbatasan langsung dengan laut. Secara adminitarasi Desa Pagarbatu termasuk dalam Kecamatan Sarongi Kabupaten Sumenep Pulau Madura Jawa Timur. Desa Pagarbatu termasuk desa yang memiliki kondisi lingkungan yang gersang, sehingga sangat susah bila dijadikan sebagai lahan pertanian. Dari kondisi lingkungan ini masyarakat memenuhi kebutuhanya dengan cara meranatau dan budidaya rumput laut.

Masrakat Desa Pagarbatu memliki ketergantungan pada kekayaan laut, salah satunya yaitu rumput laut. Rumput laut merupakan tumbuhan yang hidup berasosiasi dengan keberadaan ekositem terumbu karang. Rumput laut secara umum dapat tumbuh diatas substrat pasir dan karang mati. Hal inilah yang terdapat pada kondisi laut yang ada di Desa Pagarbatu.



Petani rumput laut di Desa Pagarbatu Kecamatan Sarongi Kabupaten Sumenep dapat di gambarkan secara umum, aktivitas penenanman rumput laut yang mereka kelolah membutuhkan waktu 30-40 hari, dari sejak penebaran bibit hingga panen. Dari hasil rumput laut jika dilakukan pemanenan didapatkan hasil enam kuintal sampai satu ton dalam satu peta sekali panen. Dari hasil panen tersebut  petani dapat menjual rumput laut seharga Rp 1.200/kg dan Rp 7.500/kg. 

You May Also Like

0 komentar